Belajar Jadi Manusia


Rekaman Adam Air Hilang Saat Pelatihan Jurnalis
Agustus 5, 2008, 1:09 pm
Filed under: Manusia lain | Tag:

KNKT sedang menyelidiki otak di balik penyebaran rekaman kokpit Voice Recorder (CVR) pesawat AdamAir 574. Ada dugaan, percakapan ini bocor pada acara pelatihan jurnalis mengenai tata cara investigasi yang diadakan KNKT.

“Ada kemungkinan bocornya ke arah situ (dalam pelatihan wartawan),” kata pengamat penerbangan Dudi Sudibyo kepada detikcom, Senin (4/Ags) siang.
Dudi mengaku dirinya memang tidak hadir pada acara itu. Namun, menurut Dudi, salah seorang peserta pelatihan menceritakan hal itu kepada dirinya.

Peserta tersebut menanyakan apakah Dudi mengetahui mengenai percakapan pesawat AdamAir. Peserta ini pun mengaku telah mendengarkannya pada saat pelatihan.

“Mungkin saja waktu itu karena desakan wartawan yang ingin mendengar suara kokpit,” jelasnya.
Kalaupun benar, Dudi merasa aneh dengan memilih suara AdamAir sebagai contoh untuk diperdengarkan. Baginya, masih banyak kasus lain yang dapat dijadikan contoh. Dudi mengaku kaget mendengar pengakuan itu. Menurutnya, isi percakapan itu sangatlah rahasia dan bukan untuk disebarluaskan.

“Hanya orang-orang tertentu yang bisa mendengarkan, salah satunya Frans Wenas (Ketua SubKomite Udara KNKT), anggotanya juga ada. Untuk mendengar harus pake password untuk membuka,” tambah Dudi.

Dugaan Dudi percakapan ini bocor pada saat diperdengarkan di pelatihan semakin besar, setelah dia mendengar sendiri adanya suara percakapan-percakapan dalam rekaman itu. Dudi yakin, suara itu bukanlah percakapan antara AdamAir dengan Air Traffic Control (ATC) maupun pesawat lain yang sedang melintas di dekat pesawat AdamAir.

“Saya tahu suara ATC dan pesawat lain. Ada suara. Ada seseorang yang bicara. Ada background orang, bukan suara crew (pesawat),” kata Dudi.
Karena itu Dudi menilai rekaman itu tidak begitu jernih. Ketika didesak di bagian mana yang menggambarkan adanya percakapan itu, Dudi menjawab “Saya lupa,”.

Meski keyakinan ke arah situ kuat, Dudi menyarankan agar rekaman yang beredar itu diteliti melalui laboratorium agar jelas semuanya.
“Apapun itu, rekaman sudah bocor. Keluarnya rekaman itu tanpa izin dari KNKT adalah tindakan kejahatan,” tandas dia.

Sementara itu Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal menjamin investigasi mengenai rekaman itu pun akan selesai dalam waktu seminggu.
“Ya seminggu. Saya kira dalam waktu dekat ada kesimpulannya,” ujar Jusman usai mendampingi Wapres Jusuf Kalla dalam acara LIPI EXPO di Hotel Sahid, Jl Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (4/8).

Jusman mengatakan, rekaman tersebut harus dibuktikan bahwa itu palsu. KNKT harus membuka kembali rekaman itu dan membandingkannya dengan yang benar.
“Harus ada investigasi soal itu karena kalau dilihat rekamannya, dibuat yang mirip transkrip dari KNKT. Kalau mau lengkap download di situs KNKT saja,” katanya.

Menurut Jusman, rekaman itu adalah rekaman palsu karena ada suara Air Traffic Control (ATC) yang masuk. “Bagaimana bisa (ATC) masuk? Itu kan hanya pilot yang tahu. Itu seolah-olah ada barang yang jatuh. Ruang kokpit seakan-akan ribut dan gaduh padahal kan tidak,” ungkapnya.

Info lengkap : http://www.harian-global.com


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

It’s awesome in favor of me to have a web site, which is useful designed for my knowledge. thanks admin

Komentar oleh mouthwateringfoods.blogspot.com




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: